Monday, 12 January 2015

Model Pembelajaran Aktif



Selamat pagi Sahabat-sahabatku yang baru menjalankan aktifitas diluar sana semoga hari ini kita di beri kelancaran dalam menjalankan suatu misi apapun, pada kesempatan yang baik ini saya akan menghadirkan model- model pembelajaran Aktif. Kenapa sii harus  pembelajaran Aktif ?
Karena
          What I hear, I forget
          What I hear and see, I remember a little
          What I hear, see, and ask questions about, or discuss with someone else, I begin to understand
          What I hear, see, discuss and do, I acquire knowledge and skill.
          What I teach to another, I master
Bandingkan dengan jenis pembelajaran konvensional. Berapa persen pelajaran yang kita serap? 50%? 60 ,70, 80, ... ?  biasanya sii lebih asikan tidur di kelas. Heheee  #ni pengalaman saya zaman orok.
Naaah.. bagi temen-temen yang tak ingiin muridnyaa ngantuukk di kelaass, patut di coba yaa buuk, paaak,

Berikut ini kami sajikan jenis dan cara menyajikannya:

Information Search
  1. Buatlah sejumlah pertanyaan yang bisa dijawab dengan mencari informasi dari beberapa sumber.
  2. Bagikan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa.
  3. Minta mahasiswa untuk menjawab pertanyaan secara individu.
  4. Beri komentar antar jawaban yang diberikan.
  5.  Klarifikasi.
Card Sort
  1. Bagikan potongan kertas yang berisi informasi.
  2. Mahasiswa diminta untuk memikirkan kategori kartu yang dipegang.
  3. Mintalah mahasiswa untuk bergerak mencari kartu dengan kategori yang sama.
  4. Tempelkan kartu informasi berdasarkan kategori yang sama.
  5. Mahasiswa diminta untuk mengamati kebenaran kartu yang sudah ditempelkan dan minta mahasiswa menjelaskan.
  6. Klarifikasi.
The Power Of Two
  1. Ajukan satu atau dua permasalahan yang membutuhkan renungan dan pemikiran.
  2. Minta mereka menjawab pertanyaan tersebut secara perorangan.
  3. Setelah semua menyelesaikan jawabannya, kelompokkan mereka dua-dua (berpasangan).
  4. Masing-masing pasangan diminta untuk saling menjelasakan jawaban mereka, kemudian menyusun jawaban baru yang disepakati bersama.
  5. Setelah masing-masing pasangan menulis jawaban baru, minta mereka menyampaikan jawaban tersebut dan bandingkan dengan pasangan lain.
  6. Klarifikasi
Team Quiz
  1. Pilihlah topik yangn dapat dipresentasikan dalam tiga bagian.
  2. Bagilah siswa menjadi 3 kelompok
  3. Jelaskan bentuk sesinya dan mulailah presentasi. Batasi presentasi sampai 10 menit atau kurang.
  4. Minta kelompok A menyiapkan kuis yang berjawaban singkat. Kuis ini tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk persiapan. Kelompok B dan C memanfaatkan waktu untuk meninjau catatan mereka.
  5. Kelompok A bertanya anggota kelompok B, jika kelompok B tidak bisa menjawab, kelompok C diberi kesempatan untuk menjawabnya.
  6. Kelompok A melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya kepada kelompok C, dan ulangi prosesnya.
  7. Ketika kuis selesai, lanjutkan dengan bagian kedua pelajaran anda, dan tunjuklah kelompok B sebagai pemimpin kuis.
  8. Setelah kelompok B menyelesaikan ujian tersebut, lanjutkan dengan bagian ketiga dan tentukan kelompok C sebagai pemimpin kuis.
Everyone Is a Teacher Here
Langkah – langkah :
  1. Bagikan kertas (card) kepada setiap peserta (siswa atau mahasiswa) dan mintalah mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi yang telah atau sedang dipelajari, ata topik khusus yang ingin mereka diskusikan di dalam kelas.
  2. Kumpulkan kertas – kertas tersebut , dikocok dan kemudian dibagikan kembali secara acak kepada masing – masing peserta dan diusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan. Mintalah mereka membaca pertanyaan di kertas masing – masing, sambil memikirkan jawabannya.
  3. Undang relawan (volunteer) untuk membacakan pertanyaan yang ada di tangannya, serta memberikan jawaban atau penjelasan terhadap pertanyaan atau permasalahan tersebut. Kembangkan diskusi secara lebih lanjut …………….
Dan massiih banyak lagiiiii.....
Naah gimana temen-temen, asikkan.. yuuk dicoba
Sumber: Team PLPG UIN SUKA

#Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment