RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs :
___________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
VII / I
Alokasi Waktu : 3 X
40 menit ( 1x pertemuan )
A.
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami
Al-Qur’an surah pendek pilihan
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Membaca serta memamahami arti dalam surah Al-Qodr
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
mampu membaca surah Al-Qodr dengan benar
·
Siswa
mampu mengartikan dan mengerti baca’an yang terkandung di dalam surah Al-Qodr
Karakter siswa yang diharapkan
·
Religius, jujur, toleransi, peduli
lingkungan sosial, gemar
membaca ,cinta ilmu, kreatif, disiplin, rasa ingin tahu
D.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Surat Al-Qodr ayat 1-5
E.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi
:
·
Guru
mengucapkan salam dan berdo’a sebelum membuka pelajaran
·
Menyiapkan
peserta didik secara phiskis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
Motivasi
:
·
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai,dan
·
Dengan
merujuk pada silabus,RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang
hendak di kembangkan selain yang terkait pada SK/KD.
Ø Kegiatan
Inti
Eksplorasi
(peserta didik difasilitasi untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dan
mengembangkan sikap melalui kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa)
·
Guru
menjelaskan hukum bacaan dengan beberapa contoh lafal
·
Siswa
membaca surah Al-Qodr dengan penekanan pada hukum bacaanya
·
Guru
mencermati bacaan masing-masing siswa dan membenarkan kesalahan yang terjadi.
Elaborasi
(peserta didik diberi peluang untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilam
serta sikap lebih lanjut melalui sumber-sumber dan kegiatan-kegiatan
pembelajaran lainnya sehingga pengetahuan, ketrampilan dan sikap peserta didik
luas dan dalam).
Konfirmasi
(peserta didik memperoleh umpan balik atas kebenaran, kelayakan, atau
keberterimaan dari pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diperoleh siswa).
Ø Kegiatan
Penutup
·
Bersama-sama
dengan peserta didik atau sendiri membuat kesimpulan pelajaran (nilai yang
ditanamkan: mandiri,kerjasama,kritis, logis)
·
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram (nilai yang ditanamkan: jujur, mengetahui kelemahan
dan kelebihan)
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (nilai yang ditanamkan:
saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
·
Guru menyampaikan
pesan agar para siswa mengulang-ulang cara membaca sesuai tajwid dan memahami
pesan dari materi pembelajaran.
G.
MEDIA/ SUMBER BELAJAR
·
Buku
paket
·
Al-Qur’an
dan terjemahannya.
·
Buku
Tajwid
PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Target
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Membaca Surat Al Qadr
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Ø Lafalkan Surah Al Qadr dengan harakat dan makhraj yang benar!
|
1.
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum
memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
………………………
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
No comments:
Post a Comment