PENILAIAN PROSES DAN SUMBER BELAJAR
OLEH:
GATOT WAHYUDI
c
A. Latar
Belakang
Teknologi
Pendidikan semula adalah gerakan inovasi pendidikan yang kemudian berkembang
menjadi ilmu dan oprofesi. Dalam pengertian umum TP (Teknologi Pendidikan)
merupakan usaha yang sistematik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi
keseluruhan proses belajar mengajar untuk suatu tujuan khusus serta didasarkan
pada penilitian tentang proses belajar dan komunikasi sumber manusia dan non
manusia agar belajar dapan efektif.
Rumusan
definisi teknologi pendidikan telah mengalami beberapa kali perubahan, sejalan
dengan sejarah dan perkembangan dari ruang lingkup bidang garapan dan profesi
teknologi pendidikan tetapi dapat disimpulkan bahwa Teknologi pendidikan adalah
teori dan praktek dalam desain, pengembangan pemanfaatan, pengelolaan, serta
evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Definisi ini sekaligus memberi arah
kawasan atau bidang kajian Teknologi Pendidikan.
Berkaitan dengan
pengertian diatas, dalam makalah ini akan mencoba menguraikan evaluasi atau penilaian proses dan sumber
belajar.
B.
Rumusan
Masalah
Yang akan
dibahas dalam makalah ini adalah Bagaimana evaluasi atau penilaian proses dan
sumber belajar ?
BAB II
PEMBAHASAN
Dalam proses
pembelajaran banyak cara, sumber, dan daya yang dapat dimanfaatkan dan
dikelola, baik yang telah disediakan maupun yang ada disekeliling kita. Dalam
proses pembelajaran pun memerlukan sumber, potensi, atau daya yang dapat
menunjang proses pembelajaran.
A.
Penilaian dan Proses
Penilaian merupakan salah satu bagian atau kawasan dari Teknologi
Pembelajaran. Penilaian adalah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran
dan belajar.
Kawasan penilaian dapat mencakup tentang : analisis masalah,
pengukuran beracukan patokan, penilaian formatif dan penilaian sumatif.
Analisis masalah mencakup cara penentuan sifat dan parameter
masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan
keputusan. Pengukuran Beracukan Patokan Pengukuran acuan patokan meliputi
teknik-teknik untuk menentukan kemampuan pebelajar menguasai materi yang telah
ditentukan sebelumnya.
Penilaian Formatif Penilaian formatif berkaitan dengan pengumpulan
informasi tentang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai dasar
pengembangan selanjutnya. penilaian sumatif berkaitan dengan pengumpulan
informasi tentang kecukupan untuk pengambilan keputusan dalam hal pemanfaatan.
Menurut Michael Scrives Penilaian formatif dilaksanakan pada waktu pengembangan
atau perbaikan program atau produk (atau orang, dsb). Penilaian ini
dilaksanakan untuk keperluan staf dalam lembaga program dan biasanya tetap
bersifat intern, akan tetapi penilaian ini dapat dilaksanakan oleh evaluator
dalam atau luar atau lebih baik lagi dengan kombinasi.[1]
B.
Dimensi
Penilaian Proses Belajar
Dimensi penilaian proses belajar mengajar berkenan dengan
komonen-komponen yang membentuk proses belajar-mengajar dan keterkaitan atau
hubungan diantara komponen-komponen tersebut. Komponen pengajaran sebagai
dimensi penilaian proses belajar-mengajar setidak tidaknya mencakup :
a.
Tujuan
pengajaran atau instruksional.
b.
Bahan
pengajaran.
c.
Kondisi
siswa dan kegiatan belajarnya.
d.
Kondisi
guru dan kegiatan belajarnya.
e.
Alat
dan sumber belajar yang digunakan.
f.
Tehnik
dan cara pelaksanaan penilaianya.[2]
PROSES adalah serangkaian operasi atau
kegiatan yang diarahkan pada suatu HASIL tertentu. Contoh studi proses misalnya
penelitian ttng kaitan strategi pembelajaran dgn cara belajar dan media. Contoh dari proses adalah cara belajar jarak jauh, konferensi jarak
jauh, belajar mandiri, model pengajaran tertentu .[3]
C.
Sumber
Belajar
Sumber belajar (learning resources) adalah
semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan
oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara
terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar
atau mencapai kompetensi tertentu.
Sedang menurut AECT 1997, mengartikan sumber
belajar sebagai sumber (data, manusia, dan barang) yang dapat dipakai pelajar
sebagai suatu sumber tersendiri atau dalam kombinasi untuk memperlancar belajar
meliputi pesan, orang, material, alat, tehnik dan lingkungan.[4]
Dari
pengertian sumber belajar melahirkan beberapa pembagian jenis sumber
belajar. Ada yang membagi menjadi enam jenis sumber belajar yaitu:
a.
sumber berupa pesan.
b. manusia,
c. Peralatan
d. teknik/metode
Sehingga dapat
disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk membantu setiap orang untuk belajar menampilkan kompetensinya.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Penilaian proses dan sumber belajar
sangat penting karena merupakan salah satu kawasan dari Teknologi Pendidikan.
Kita mengetahui hal tersebut karena evaluasi merupakan proses akhir dari sebuah
pembelajaran, apakah pmbelajaran kita sukses atau berhasil maupun tidak.
Penilaian proses dan sumber belajar
dapat disimpulkan sebagai usaha yang dilakukan dengan menggunakan alat yang
mendukung untuk terjadinya pembelajaran dengan penelitian-penelitian demi
tercapainya pembelajaran yang efektif.
ABSTRAK
Teknologi
pendidikan adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan pemanfaatan,
pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Definisi ini
sekaligus memberi arah kawasan atau bidang kajian Teknologi Pendidikan.
Penilaian merupakan salah satu bagian atau kawasan dari Teknologi
Pendidikan. Penilaian adalah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan
belajar.
PROSES adalah serangkaian operasi atau
kegiatan yang diarahkan pada suatu HASIL tertentu.
Sumber belajar
adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk
belajar menampilkan kompetensinya.
Dalam proses
pembelajaran banyak cara, sumber, dan daya yang dapat dimanfaatkan dan
dikelola, baik yang telah disediakan maupun yang ada disekeliling kita. Dalam
proses pembelajaran pun memerlukan sumber, potensi, atau daya yang dapat
menunjang proses pembelajaran.
Penilaian proses dan sumber belajar dapat
disimpulkan sebagai usaha yang dilakukan dengan menggunakan alat yang mendukung
untuk terjadinya pembelajaran dengan penelitian-penelitian demi tercapainya
pembelajaran yang efektif.
[1]
Dikutip dari : Blog.unsri.ac.id/.../docx-1721.docx
[2]
gentur1971.blogspot.com/2011/01/penilaian-proses-belajar-mengajar.html?m=1
[3]
wahyuagus.files.wordpress.com/.../landasan-teknologi-pembelajaran-1.html
[4]
Staff.uny.ac.id/sites/.../manajemen%20sumber%20belajar.pdf/
[5] Blog.um.ac.id/shofiyahalidrus/educasi/sumberbelajar.html
No comments:
Post a Comment