Thursday, 20 June 2013

penilaian Proses dan sumber Belajar




PENILAIAN PROSES DAN SUMBER BELAJAR




OLEH:

GATOT WAHYUDI
c


























  A. Latar Belakang



Teknologi Pendidikan semula adalah gerakan inovasi pendidikan yang kemudian berkembang menjadi ilmu dan oprofesi. Dalam pengertian umum TP (Teknologi Pendidikan) merupakan usaha yang sistematik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar mengajar untuk suatu tujuan khusus serta didasarkan pada penilitian tentang proses belajar dan komunikasi sumber manusia dan non manusia agar belajar dapan efektif.
Rumusan definisi teknologi pendidikan telah mengalami beberapa kali perubahan, sejalan dengan sejarah dan perkembangan dari ruang lingkup bidang garapan dan profesi teknologi pendidikan tetapi dapat disimpulkan bahwa Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Definisi ini sekaligus memberi arah kawasan atau bidang kajian Teknologi Pendidikan.
Berkaitan dengan pengertian diatas, dalam makalah ini akan mencoba menguraikan  evaluasi atau penilaian proses dan sumber belajar.

B.   Rumusan Masalah
Yang akan dibahas dalam makalah ini adalah Bagaimana evaluasi atau penilaian proses dan sumber belajar ?
BAB II
PEMBAHASAN

                        Dalam proses pembelajaran banyak cara, sumber, dan daya yang dapat dimanfaatkan dan dikelola, baik yang telah disediakan maupun yang ada disekeliling kita. Dalam proses pembelajaran pun memerlukan sumber, potensi, atau daya yang dapat menunjang proses pembelajaran.
A.    Penilaian  dan Proses
Penilaian merupakan salah satu bagian atau kawasan dari Teknologi Pembelajaran. Penilaian adalah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar.
Kawasan penilaian dapat mencakup tentang : analisis masalah, pengukuran beracukan patokan, penilaian formatif dan penilaian sumatif.
Analisis masalah mencakup cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan. Pengukuran Beracukan Patokan Pengukuran acuan patokan meliputi teknik-teknik untuk menentukan kemampuan pebelajar menguasai materi yang telah ditentukan sebelumnya.
Penilaian Formatif Penilaian formatif berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai dasar pengembangan selanjutnya. penilaian sumatif berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan untuk pengambilan keputusan dalam hal pemanfaatan. Menurut Michael Scrives Penilaian formatif dilaksanakan pada waktu pengembangan atau perbaikan program atau produk (atau orang, dsb). Penilaian ini dilaksanakan untuk keperluan staf dalam lembaga program dan biasanya tetap bersifat intern, akan tetapi penilaian ini dapat dilaksanakan oleh evaluator dalam atau luar atau lebih baik lagi dengan kombinasi.[1]
B.     Dimensi Penilaian Proses Belajar
Dimensi penilaian proses belajar mengajar berkenan dengan komonen-komponen yang membentuk proses belajar-mengajar dan keterkaitan atau hubungan diantara komponen-komponen tersebut. Komponen pengajaran sebagai dimensi penilaian proses belajar-mengajar setidak tidaknya mencakup :
a.       Tujuan pengajaran atau instruksional.
b.      Bahan pengajaran.
c.       Kondisi siswa dan kegiatan belajarnya.
d.      Kondisi guru dan kegiatan belajarnya.
e.       Alat dan sumber belajar yang digunakan.
f.       Tehnik dan cara pelaksanaan penilaianya.[2]
PROSES adalah serangkaian operasi atau kegiatan yang diarahkan pada suatu HASIL tertentu. Contoh studi proses misalnya penelitian ttng kaitan strategi pembelajaran dgn cara belajar dan media. Contoh dari proses adalah cara belajar jarak jauh, konferensi jarak jauh, belajar mandiri, model pengajaran tertentu .[3]



C.     Sumber Belajar
Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
Sedang menurut AECT 1997, mengartikan sumber belajar sebagai sumber (data, manusia, dan barang) yang dapat dipakai pelajar sebagai suatu sumber tersendiri atau dalam kombinasi untuk memperlancar belajar meliputi pesan, orang, material, alat, tehnik dan lingkungan.[4]  
 Dari pengertian sumber belajar  melahirkan beberapa pembagian jenis sumber belajar. Ada yang membagi menjadi enam jenis sumber belajar yaitu:
a.    sumber berupa pesan.
b.    manusia,
c.    Peralatan
d.   teknik/metode
e.    lingkungan/setting[5]
Sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk belajar menampilkan kompetensinya.



BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
            Penilaian proses dan sumber belajar sangat penting karena merupakan salah satu kawasan dari Teknologi Pendidikan. Kita mengetahui hal tersebut karena evaluasi merupakan proses akhir dari sebuah pembelajaran, apakah pmbelajaran kita sukses atau berhasil maupun tidak.
            Penilaian proses dan sumber belajar dapat disimpulkan sebagai usaha yang dilakukan dengan menggunakan alat yang mendukung untuk terjadinya pembelajaran dengan penelitian-penelitian demi tercapainya pembelajaran yang efektif.




ABSTRAK

Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Definisi ini sekaligus memberi arah kawasan atau bidang kajian Teknologi Pendidikan.
Penilaian merupakan salah satu bagian atau kawasan dari Teknologi Pendidikan. Penilaian adalah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar.
PROSES adalah serangkaian operasi atau kegiatan yang diarahkan pada suatu HASIL tertentu.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk belajar menampilkan kompetensinya.
Dalam proses pembelajaran banyak cara, sumber, dan daya yang dapat dimanfaatkan dan dikelola, baik yang telah disediakan maupun yang ada disekeliling kita. Dalam proses pembelajaran pun memerlukan sumber, potensi, atau daya yang dapat menunjang proses pembelajaran.
Penilaian proses dan sumber belajar dapat disimpulkan sebagai usaha yang dilakukan dengan menggunakan alat yang mendukung untuk terjadinya pembelajaran dengan penelitian-penelitian demi tercapainya pembelajaran yang efektif.




[1] Dikutip dari : Blog.unsri.ac.id/.../docx-1721.docx
[2] gentur1971.blogspot.com/2011/01/penilaian-proses-belajar-mengajar.html?m=1

[3] wahyuagus.files.wordpress.com/.../landasan-teknologi-pembelajaran-1.html
[4] Staff.uny.ac.id/sites/.../manajemen%20sumber%20belajar.pdf/
[5] Blog.um.ac.id/shofiyahalidrus/educasi/sumberbelajar.html

No comments:

Post a Comment